PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOSMETIK WARDAH

  • Hamzan Wadi Ekonomi Islam
Keywords: kualitas produk, harga, label halal, keputusan pembelian.

Abstract

Perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan laki-laki, oleh sebab itu perempuan merupakan segmentasi pasar yang sangat potensial untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah kosmetik. Perempuan sangat memperhatikan penampilannya, berbeda dengan laki-laki yang lebih cenderung mengabaikan penampilan jika tidak ingin berpergian keluar akan tetapi perempuan memperhatikan penampilan baik dalam keadaan ingin berpergian ataupun dalam keadaan tidak ingin berpergian. Perusahaan harus mampu bersaing diera saat ini sehingga perusahaan harus berinovasi, melakukan promosi, dan evaluasi sehingga perusahaan dapat mengetahui keinginan pasar yang terus berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, dan label halal mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada kosmetik Wardah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wardah kosmetik dikota Mataram yang jumlah populasinya tidak terhitung sehingga jumlah populasi tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden pada penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dengan bantuan google form kemudian diolah menggunakan SPSS 16.0. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji f, serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada pengaruh secara parsial variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1.383 < 1.988). (2) ada pengaruh secara parsial variabel harga terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (14.869 > 1.988). (3) tidak ada pengaruh variabel label halal terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-0.847 < 1.988).

Published
2025-10-14
How to Cite
Wadi, H. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOSMETIK WARDAH. Econetica: Jurnal Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.0602/econetica.v5i2.533
Section
Articles