Peran Tuan Guru Ahmad Taqiuddin Mansyur Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Lombok Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejarah kehidupan dan biografi intelektual Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Taqiuddin Mansyur serta perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Lombok Tengah bagian Selatan. Menggunakan pendekatan kualitatif studi tokoh, penelitian ini mengeksplorasi kontribusi TGH Ahmad Taqiuddin Mansyur yang signifikan dalam mengubah paradigma masyarakat dari fokus ekonomi semata menjadi kesadaran akan pentingnya pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TGH Ahmad Taqiuddin Mansyur berhasil melanjutkan perjuangan ayahnya, TGH Mansyur Abbas, dengan mendirikan dan mengembangkan berbagai lembaga pendidikan formal, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, termasuk Pondok Pesantren NU Al-Mansyuriyah Ta’limussyibyan. Peran beliau tidak hanya terbatas pada penyediaan akses pendidikan, tetapi juga dalam pembentukan karakter, pengkaderan ulama, serta pembinaan akhlak dan moral masyarakat, mencetak generasi yang berwawasan luas, mandiri, dan berjiwa pengabdian. Kesimpulannya, TGH Ahmad Taqiuddin Mansyur adalah tokoh sentral yang berhasil meningkatkan kesadaran beragama dan mengembangkan ekosistem pendidikan Islam yang kuat di wilayah tersebut, menjadi teladan bagi masyarakat dan rujukan penting bagi generasi muda.
Downloads
Copyright (c) 2023 Andika Apriawan, Wirandi Wirandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







