PEMIKIRAN HADITS HADHRATUSY SYEIKH KH. M. HASYIM ASY’ARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Hadhratusy Syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari dalam bidang hadits dan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan dan praktik Islam di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali cara pemikiran KH. Hasyim Asy'ari dalam menjembatani ajaran hadits dengan realitas sosial masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran beliau memberikan dampak signifikan dalam mencetak generasi ulama yang tidak hanya menguasai ilmu hadits secara mendalam, tetapi juga mampu mengaplikasikan ajaran tersebut dalam kehidupan sosial. KH. Hasyim Asy'ari menekankan pentingnya maqashid al-syari'ah dan hikmat al-tasyri' dalam penetapan hukum yang bersumber dari hadits, dengan mempertimbangkan konteks sosial dan tujuan yang terkandung di dalamnya. Pemikiran ini memperlihatkan bahwa hadits bukan hanya sebagai pedoman hukum, tetapi juga sebagai alat untuk menciptakan perubahan sosial yang adil dan bermartabat. Warisan pemikiran beliau terus memberikan inspirasi dan relevansi dalam menghadapi tantangan sosial dan moral di era modern, menjadikan hadits sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tetap memberi kontribusi besar terhadap perkembangan pendidikan Islam di Indonesia hingga saat ini.
Kata Kunci: Pemikiran Hadits, KH. M. Hasyim Asy'ari, Pendidikan Islam, Maqashid al-Syari'ah, Hikmat al-Tasyri', Hukum Islam, Konteks Sosial, Pengembangan Pendidikan
References
Amin, F. (2018). Peran Ulama dalam Konteks Kebangkitan Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Al-Qaradawi, Y. (2010). Studi Hadis dan Kepemimpinan Ulama. Kairo: Maktabah al-Shuruq.
Hanafi, Z. (2015). Kajian Hadits dalam Konteks Sosial. Jakarta: Kencana.
Hasyim Asy'ari, KH. M. (1984). Tafsir al-Qur'an al-Karim. Jombang: Maktabah Al-Ma'arif.
Masykur, A. (2020). Hadits dan Kontekstualisasi Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nasution, H. (2012). Pemikiran Islam Nusantara. Bandung: Mizan.
Rasyid, A. (2019). Pendidikan Hadis: Sejarah dan Metodologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Syahrin, A. (2008). Pendidikan Pesantren dan Transformasi Sosial. Malang: UIN-Malang Press.
Amin, F. (2018). Peran Ulama dalam Konteks Kebangkitan Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Jurnal Inenp Paer akan menerbitkan naskah yang sudah direview dan atau diproses secara ketat.
2.png)
